10 Makanan Untuk Bahan Dasar Kosmetik

Pasti menyenangkan, ya, rasanya ketika memakai produk kecantikan yang beraroma makanan, buah, ataupun sayur-sayuran yang enak. Rasanya, kulit sekaligus mood langsung menjadi lebih baik. Dilansir dari Delish, semakin banyak saja kosmetik modern yang menggunakan bahan-bahan makanan sebagai bahan dasarnya. Apa sajakah bahan-bahan tersebut?

1.Jamur shitake

Jamur shitake sudah dikonsumsi oleh orang Jepang selama berabad-abad untuk mempertahankan kesehatan kulit. Karena kaya dengan kandungan anti-oksidan dan kojic acids, jamur shitake telah terbukti mampu memudarkan bintik-bintik hitam pada wajah dan mengencangkan kulit.

2.Buah apel

Buah apel kaya akan vitamin A, B, dan C, yang dapat memicu regenerasi rambut lebih cepat. Oleh karena itu, sampo, kondisioner, ataupun tonik rambut yang mengandung sari apel efektif digunakan oleh orang-orang yang mengalami kerontokan rambut.

3.Kaviar

Kandungan asam amino dan asam lemak tak jenuh yang tinggi, kaviar diklaim mampu mencegah keriput. Kaviar sangat bagus untuk mengisi kembali jaringan lemak bawah kulit yang mulai mengendur seiring usia.

4.Kopi

Kafein yang ada dalam kopi mampu mengurangi efek pembengkakan dan peradangan, serta memperlancar aliran darah. Itulah mengapa kopi sering dijadikan sebagai bahan dasar krim mata.

5.Gula cokelat

Gula pasir cokelat memiliki butiran yang lebih besar, sehingga sering dijadikan sebagai komposisi utama dalam produk scrub. Meskipun bagus untuk merontokkan sel-sel kulit mati, gula tidak akan menyerap kelembapan dan membuat kulit Anda kering.

6.Beras

Air cucian pertama dari beras putih kaya akan anti-oksidan. Oleh sebab itu, banyak sekali produk kecantikan yang berfungsi untuk mencegah penuaan dini memakainya sebagai bahan utama. Air cucian beras bisa dipakai langsung untuk membasuh muka guna memperkuat elastisitas kulit dan mempercepat regenerasi kulit.

7.Buah acai

Buah ini sudah terbukti kaya akan anti-oksidan dan mampu melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas. Hal ini karena buah acai (beri) ini mengandung asam amino dan asam lemak yang tinggi.

8.Kelp (alga cokelat)

Alga cokelat yang hidup di laut ini mengandung iodin yang sangat tinggi, sehingga bisa digunakan untuk merontokkan sel-sel kulit mati. Selain itu, kelp juga dapat mencegah penuaan dini, dan memicu pelepasan kolagen untuk kecantikan kulit dengan teratur.

9.Daun basil
Manfaat dari minyak sari daun basil digunakan untuk menyembuhkan kerontokan rambut, karena kandungannya yang dapat memperlancar peredaran darah. Tumbuhan dengan daun mirip kemangi ini biasa ditaburkan di atas pizza ataupun pasta.

10.Yogurt Yunani

Karena kaya akan vitamin D, protein, dan mineral, yogurt Yunani ini sering digunakan sebagai campuran krim malam. Fungsi dari kandungan pada yogurt yang satu ini adalah untuk melembapkan kulit secara maksimal dan merontokkan sel-sel kulit mati.

Jika Anda tidak dapat menemukan kosmetik yang mengandung bahan-bahan ini, Anda masih tetap bisa mengonsumsinya setiap saat, karena mudah didapatkan di supermarket-supermarket terdekat.