5 Cara alami mengurangi bekas jerawat

Bekas luka jerawat di wajah bisa membuat penampilan Anda terlihat kusam. Masalah kulit ini umumnya disebabkan kebiasaan memencet jerawat dan jerawat yang tidak diobati. Meski bekas jerawat tidak mudah dihilangkan, Anda bisa sedikit mengurangi bekasnya di wajah. Mau tahu caranya? Berikut adalah cara mengurangi bekas jerawat di wajah secara alami, seperti dilansir hubpages.com.


1.Putih telur

Putih telur dapat membantu menyembuhkan bekas luka akibat jerawat. Putih telur juga kaya akan protein dan asam amino yang dapat mengencangkan pori-pori. Kocok 3 putih telur sampai berubah putih. Gunakan jari Anda untuk meratakannya di wajah. Biarkan putih telur mengering pada kulit dan tunggu selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Lakukan perawatan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapat hasil maksimal.


2.Baking soda

Baking soda memiliki partikel-partikel kecil yang halus, sehingga tidak akan merusak kulit. Jika digunakan sebagai masker, ini dapat mengelupas lapisan atas sel-sel kulit mati, tanpa menyebabkan kulit wajah menjadi teriritasi atau meradang. Cukup campurkan sedikit baking soda dengan air untuk membuat pasta. Kemudian aplikasikan pada wajah dan pijat dengan lembut. Biarkan selama satu menit, sebelum membilasnya dengan air hangat. Ingat, Anda harus selalu melembapkan kulit setelah melakukan perawatan ini. Ulangi cara ini 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil maksimal.


3.Air lemon

Air lemon mengandung asam sitrat, laktat dan asam glikolat. Kita mengenalnya sebagai Alpha Hydroxy Acids atau AHA. AHA sendiri sering ditemukan dalam berbagai produk kosmetik. Banyak produk perawatan kulit, termasuk krim anti-penuaan dan chemical peeling, mengandung AHA di dalamnya - sebagai bahan utama. AHA dikatakan dapat mendorong peningkatan produksi kolagen dan meningkatkan ketebalan kulit.

Selain itu, air lemon juga mengandung asam alami yang merupakan salah satu disinfektan kuat yang bisa membantu menghancurkan bakteri yang menyebabkan jerawat. Dan itu adalah exfoliant alami yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan mendorong pembentukan kulit baru yang sehat.

Remas 1-3 lemon untuk mengambil airnya. Ambil kapas dan celupkan ke dalam air lemon. Oleskan ke daerah yang berjerawat atau banyak bekas jerawatnya. Tetapi jangan berlebihan! Ulangi perawatan ini 2-3 kali seminggu. Jika Anda memiliki kulit sensitif, jangan mencoba perawatan ini karena dapat memicu iritasi.

4.Lidah buaya segar atau gel

Anda dapat menggunakan lidah buaya segar atau gel lidah buaya untuk menghilangkan bekas jerawat. Ini tidak hanya menenangkan peradangan pada kulit, tetapi juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meregenerasi jaringan kulit yang rusak.

Penggunaan rutin akan membuat kulit menjadi lebih lembut, mengurangi pembengkakan dan mendorong pertumbuhan sel baru. Kupas kulit lidah buaya dan hancurkan. Kemudian aplikasikan pada wajah dan diamkan sampai kering. Cucilah muka dengan sabun pembersih yang sesuai jenis kulit Anda.


5.Minyak zaitun

Minyak zaitun dikemas dengan zat besi dan vitamin A, D, E, C, B1 dan B2. Vitamin E diketahui dapat membantu memerangi proses penuaan, sementara minyak zaitun kaya akan anti-oksidan dan punya sifat anti-inflamasi yang baik dalam membantu mencegah jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

Sebelum pergi tidur, Anda dapat memijat wajah dengan menggunakan minyak zaitun. Kemudian taruh handuk yang telah dicelupkan ke dalam air hangat ke wajah. Ulangi proses ini 1-2 kali sebelum membilas wajah dengan air dingin.

Inilah empat cara alami untuk mengurangi bekas luka akibat jerawat. Ingat, hindari kebiasaan memencet jerawat atau tidak mengobatinya, karena itu akan semakin memperparah kondisi jerawat Anda.