5 Penyebab munculnya komedo di wajah



Anda sedang berjibaku melawan komedo yang membandel di wajah? Masalah kulit ini sering dialami, baik oleh wanita maupun pria. Untuk membasmi komedo di kulit wajah, kita harus mengenali penyebab dari komedo itu sendiri. Dengan begitu kita bisa mencari solusi untuk masalah kulit ini. Berikut adalah penyebab munculnya komedo di kulit wajah, menurut medicalnewstoday.com.

1.Produk minyak berlebih

Komedo biasanya disebabkan oleh kelebihan produksi minyak, yang cenderung terjadi ketika seseorang mengalami pubertas atau selama menstruasi.

2.Make up berlebih

Dalam beberapa kasus, komedo bisa muncul jika Anda menggunakan pelembap, tabir surya, make up, atau foundation secara berlebihan, sehingga bisa mengiritasi kulit.

3.Gaya hidup tidak sehat

Merokok berlebihan, terlalu banyak alkohol dan kafein, serta terlalu sering menggunakan make up menjadi penyebab dasar dan umum dari munculnya komedo. Perbanyak minum air - minimal 8-10 gelas per hari - untuk menyehatkan tubuh dan kulit Anda.

4. Stres

Stres bisa memicu berbagai macam penyakit, termasuk masalah kulit. Kurangi tingkat stres dengan melakukan hal-hal positif seperti meditasi, yoga, berolahraga, membaca buku, dll.

5.Makanan

Anda adalah apa yang Anda makan! Gorengan, makanan manis dan makanan kaya karbohidrat memiliki dampak besar pada kondisi kulit Anda. Jadi, pastikan bahwa Anda mengurangi konsumsi makanan cepat saji, agar tubuh dan kulit bisa tetap sehat.

Ini lima penyebab munculnya komedo pada kulit wajah. Selain memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehari-hari, usaha untuk selalu menjaga kebersihan wajah Anda.