5 Rahasia Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan


Buah tomat memiliki sejumlah kandungan vitamin yang bermanfaat untuk kecantikan kulit. Anda dapat mengonsumsinya dalam keadaan mentah seperti makan buah lainnya, atau dengan mengolahnya menjadi jus dengan campuran buah dan sayur lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat buah tomat yang dilansir dari Boldsky, khusus untuk Anda.

1. Meringkas pori-pori
Pori-pori yang terbuka dapat menangkap lebih banyak kotoran yang beredar bebas di udara. Hal ini dapat menyebabkan jerawat dan kulit kusam. Sebelum Anda memutuskan untuk membeli produk kecantikan berharga mahal untuk mengatasinya, coba campurkan air perasan tomat dan lemon, lalu oleskan pada wajah dan biarkan mengering menjadi masker. Bilas dengan air dingin.

2. Mengurangi tampilan jerawat
Anda sering merasa jengkel dengan jerawat kecil-kecil yang biasanya tumbuh di sekitar dahi? Manfaatkan air perasan tomat untuk menguranginya. Oleskan pada wajah, diamkan selama 20 menit, lalu bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini setiap hari, dan hasilnya akan nampak hanya dalam waktu satu minggu.

3. Mengurangi minyak berlebih pada wajah
Minyak yang berlebih pada wajah bisa membuat penampilan terlihat lelah. Anda pun harus selalu menyediakan face paper di dalam tas untuk mengatasi tampilan wajah yang mengkilap seperti wajan penggorengan. Dengan perawatan teratur menggunakan air perasan tomat, minyak yang berlebih pada wajah akan berkurang karena kandungan astringennya yang membuat kulit kesat.

4. Menyembuhkan kulit belang terbakar matahari
Jika pada suatu hari kulit Anda terbakar matahari karena lupa tidak memakai sun-block ataupun sunscreen, jangan terburu-buru menghubungi dokter kulit untuk meminta resep obat yang mahal. Manfaatkan air perasan atau jus tomat yang ada di rumah Anda. Tomat akan dapat mendinginkan kulit dan mencegah berlanjutnya iritasi kulit yang terbakar.

5. Kulit yang segar alami
Campurkan tomat dengan ekstrak bubuk kayu cendana dan air mawar untuk masker wajah. Masker ini akan membuat kulit Anda nampak berkilau sehat dan mencegah kerutan serta kulit kusam yang sering muncul karena kelelahan.

Untuk cantik alami tidak perlu mahal, kan?

merdeka, @femonaindonesia