9 Kegunaan tak biasa dari cuka


Selain dipakai sebagai bumbu masakan, cuka ternyata memiliki banyak kegunaan lain yang tidak biasa. Salah satunya bahkan menghilangkan keriput pada baju. Bagaimana bisa? Simak selengkapnya sebagaimana dilansir dari Indiatimes berikut ini.

Kondisioner
Campuran setengah sendok makan cuka dan segelas air merupakan resep kondisioner sederhana yang bisa Anda coba. Mungkin bau rambut akan sedikit lebih aneh, namun hasilnya tidak akan mengecewakan.

Keriput
Malas setrika? Semprotkan campuran cuka dan air pada baju yang keriput dan gosok dengan tangan. Baju akan licin seperti disetrika.

Pembersih
Campuran air dan cuka juga merupakan pembersih yang sempurna untuk lantai, lemari es, dan rak-rak di dapur. Bau tak sedap dalam lemari es juga hilang jika Anda membersihkannya dengan campuran air dan cuka.

Noda
Noda pada baju memang menyebalkan. Namun ada cara mudah untuk menghilangkannya. Cobalah teteskan cuka pada noda di baju sebelum mencucinya. Noda pasti hilang dalam sekejap.

Pelembut
Pakaian akan menjadi lebih lembut jika Anda merendamnya sejenak dalam campuran cuka dan air setelah mencucinya. Bukan hanya itu, cuka juga ampuh menyerap sisa-sisa busa sabun sehingga Anda tidak perlu capek membilas berkali-kali.

Bunga
Tidak ingin bunga cepat layu setelah memotong dan meletakkannya dalam vas? Cukup tambahkan satu sendok makan cuka ke dalam vas yang sudah berisi air. Bunga akan lebih segar dalam waktu lama.

Telur
Memberikan sedikit cuka pada telur rebus akan membuat bagian putihnya tidak akan pecah. Cara ini digunakan ketika Anda merebus telur tanpa kulitnya.

Cegukan
Sampai saat ini, belum ada cara medis yang tepat untuk meredakan cegukan. Tetapi Anda ternyata bisa mengatasi cegukan dengan cara menelan satu sendok teh cuka.

Bau
Masakan gosong membuat peralatan dan ruangan di dapur menjadi bau. Untuk menghilangkan bau tersebut, letakkan semangkuk campuran cuka dan air dan biarkan selama beberapa saat. Tanpa bantuan parfum, aroma tidak sedap itu akan hilang.

Demikian berbagai kegunaan biasa dari cuka. Selamat mencoba dan rasakan sendiri khasiatnya!