Ini Alasan Mengapa Siklus Menstruasi Tidak Teratur

MENSTRUASI yang tidak teratur sering membuat wanita tidak nyaman, bahkan cemas. Hal ini karena wanita akan mencari-cari penyebab mengapa siklus menstruasi tidak teratur.

Ada beberapa penyebab mengapa siklus menstruasi tidak teratur. Berikut beberapa penyebab siklus menstruasi Anda tidak teratur, seperti dilansir Boldsky.

Mengalami stres

Sebagian besar orang menyadari stres adalah ancaman yang memengaruhi tubuh Anda dan menjadi salah satu penyebab berbagai penyakit. Jika Anda berada di bawah stres emosional, kemungkinan siklus menstruasi normal akan terganggu.

Apakah Anda kegemukan?

Jika berat badan Anda lebih dari 92 kg, maka akan dianggap obesitas. Jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, kemungkinan obesitas menjadi salah satu penyebabnya.

Terlalu kurus

Tidak hanya kelebihan berat badan, terlalu kurus juga bisa membuat siklus menstruasi Anda menjadi tidak teratur. Berat badan yang terlalu kurus dapat menyebabkan organ vital tubuh tidak berfungsi dengan baik, sehingga dapat menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur.

Sering bepergian

Jika sering bepergian ke negara lain, Anda mungkin dapat mengalami masalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Ketika tubuh disesuaikan dengan waktu dan kondisi tertentu, mungkin Anda mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur.

Terlalu sering olahraga

Kegiatan yang berlebihan selalu berdampak buruk bagi kesehatan seseorang. Bila Anda mengekspos tubuh untuk berolahraga secara berlebihan, maka akan mempengaruhi kesehatan fisik, salah satunya siklus menstruasi tidak teratur.

Apakah Anda sehat?

Kondisi kesehatan yang sedang tidak sehat bisa menjadi alasan mengapa siklus menstruasi tidak teratur. Ketika sistem kekebalan tubuh sedang menurun, maka Anda tidak akan mengalami menstruasi sehingga menjadi tidak teratur.

Tiroid

Menstruasi tidak teratur adalah masalah yang cukup umum pada wanita dengan gangguan tiroid. Gangguan tiroid dapat membuat seorang wanita mengalami ketidaseimbangan hormon yang bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur.

Konsumsi obat

Mengonsumsi obat seperti pil KB bisa menyebabkan siklus menstruasi tidak teratur. Tetapi di sisi lain, beberapa obat juga ada yang melancarkan siklus menstruasi.

Salah perhitungan

Siklus menstruasi dari wanita bervariasi, rata-rata selama 28 hari. Tetapi untuk beberapa wanita ada juga yang 30 hari, bahkan lebih. Dengan demikian, ini akan memberikan alasan mengapa siklus menstruasi Anda tidak teratur.

Pergeseran waktu

Mengubah jadwal benar-benar dapat menganggu jam tubuh Anda. Hal ini biasanya memengaruhi wanita yang memiliki waktu kerja yang tidak menentu, seperti pagi dan malam hari.