Penyebab jerawat di punggung dan cara mengatasinya


Jerawat tidak hanya muncul di wajah, tetapi juga di bagian lain dari tubuh kita. Misalnya saja di punggung, dada, leher, bahu, dan lengan atas. Hal ini dikarenakan beberapa daerah di tubuh kita juga memiliki kelenjar sebasea. Nah, kali ini mari kita ulas tentang penyebab jerawat punggung dan cara mengatasinya, seperti dilansir acne.about.com.

Penyebab jerawat punggung

1. Faktor yang sama dengan pemicu jerawat di wajah

Jerawat punggung disebabkan oleh faktor yang sama yang dengan yang memicu jerawat di wajah, yakni kelenjar minyak yang terlalu aktif, kelebihan sel kulit mati, dan proliferasi bakteri penyebab jerawat. Sel-sel kulit mati dan minyak yang terperangkap di dalam folikel, atau pori, dan akhirnya menciptakan penyumbatan. Penyumbatan ini kemudian menjadi komedo dan dapat berkembang menjadi jerawat, jika bakteri menyerang.

2. Jumlah kelenjar sebasea

Jerawat yang muncul di tubuh bagian belakang dan atas memiliki lebih banyak kelenjar sebasea per inci persegi dari daerah lain di tubuh, sehingga folikel lebih cenderung mengalami kelebihan sebum dan sel kulit mati.

3. Pakaian

Pakaian yang terlalu ketat juga bisa menjadi faktor munculnya jerawat di punggung. Gesekan antara pakaian dan folikel yang sudah meradang akan memperburuk kondisi jerawat.
Menggunakan ransel terlalu lama juga dapat memperburuk kondisi jerawat di tubuh, terutama punggung.

4. Keringat

Keringat juga dapat mengiritasi jerawat di tubuh. Untuk meminimalkan iritasi, mandi sesegera mungkin setelah Anda selesai berolahraga. Ingat, hindari gesekan pada kulit. Jangan menggosok tubuh saat mandi. Anda hanya perlu membersihkannya dengan sabun.

Cara mengatasi jerawat punggung

Langkah 1

Cuci daerah punggung yang terkena jerawat dengan pembersih anti-bakteri yang diformulasikan khusus untuk jerawat punggung. Jauhi sabun biasa.

Langkah 2

Ikuti dengan pemakaian gel atau krim benzoyl peroksida dengan konsentrasi sebesar 10 persen. Ini tersediadi berbagao apotek atau melalui resep dokter. Baca langkah pemakaian.

Langkah 3

Hindari memakai pakaian yang terlalu ketat karena akan membuat jerawat semakin parah. Pakailah kaus yang longgar dan menyerap keringat.

Inilah cara terbaik untuk mengatasi masalah jerawat di punggung. Namun ingat, kebersihan tubuh menjadi faktor penting dalam mencegah munculnya jerawat di tubuh