Resep Kembang Kol Keju


Kembang Kol Keju adalah masakan yang mudah dimasak dan bisa dilakukan bersama anak. Selain itu, bahan-bahan yang diperlukan juga mudah, serta membutuhkan waktu yang tak lama untuk membuatnya.

Waktu yang dibutuhkan sekitar 35 menit dengan 10 menit untuk mempersiapkan bahan-bahan. 

Berikut adalah bahan yang diperlukan untuk membuat 6 porsi Kembang Kol Keju, seperti dilansir oleh majalah Good Food.

- 1 buah kembang kol, potong daunnya dan potong-potong kembang kol menjadi kecil-kecil

- 500 ml susu

- 4 sdm tepung

- 50 gram mentega

- 100 gram keju cheddar, parut terlebih dahulu

- 2 sampai 3 sdm remah roti, jika Anda memilikinya

Cara membuat:

1. Didihkan air dalam panci, kemudian masukkan potongan kembang kol dan masak selama lima menit. Angkat satu untuk melihat apakah sudah masak. Jika sudah, tiriskan kembang kol.

2. Selanjutnya, beralih ke oven. Panaskan oven sampai 200C/200C/gas 7. Panaskan kembali panci di atas api, kemudian masukkan susu, tepung, dan mentega.

3. Setelah itu aduk dengan cepat sampai mentega meleleh dan campuran tersebut mulai mendidih. Pastikan tepung sudah tidak menggumpal dan sudah bercampur. Setelah itu aduk selama dua menit ketika saus mulai bergelembung dan lebih kental. Matikan api. Masukkan sebagian keju, kemudian aduk kembali perlahan.

4. Siramkan saus tadi pada kembang kol yang sudah ditiriskan. Kemudian taburi dengan sisa keju yang masih ada serta remah-remah roti.

5. Setelah itu masukkan kembang kol yang sudah berlumur keju ke dalam oven. Panggang sampai 20 menit. Lalu keluarkan dari oven, tunggu sampai hangat. Kembang Kol Keju pun sudah siap dihidangkan.

Makanan ini mengandung kalori (250 gram), protein (13 gram), karbohidrat (16 gram), lemak (15 gram), serat (3 gram), dan gula (8 gram).

Kembang Kol Keju sangat cocok dinikmati sebagai makanan pendamping dengan ayam panggang atau makanan lainnya. Dimakan sebagai cemilan juga tak masalah. Anak-anak pasti sangat menyukainya.


sumber :  merdeka, @ programcepathamil, @kliksehat, @obatmenstruasi