Resep Tongseng Kambing

Masih banyak sisa daging di rumah dan bingung ingin memasak apa? Kalian bisa mencoba mengolahnya menjadi tongseng kambing. Tongseng kambing adalah salah satu hidangan khas Nusantara yang menyajikan olahan kambing dengan bumbu yang istimewa.

Sebenarnya tongseng tak harus dimasak menggunakan daging kambing. Kalian bisa menggunakan daging sapi jika tak suka dengan daging kambing. Untuk membuat bumbu tongseng kambing, kalian membutuhkan beberapa bahan berikut ini:

- 1 batang serai, memarkan
- 4 buah cabai merah, iris tipis sekitar 2 cm
- 2 buah tomat, potong-potong menjadi empat bagian
- 2 cm lengkuas, memarkan
- 3 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 3 buah kemiri
- 3 cm kunyit, dibakar
- 2 lembar daun jeruk
- 1 cm jahe, memarkan
- 1 lembar daun kol, iris tipis-tipis
- 4 sendok makan kecap manis
- garam dan lada secukupnya
- minyak goreng secukupnya untuk menumis

Selain itu, siapkan juga:

- 1/2 kilogram daging kambing, potong kecil-kecil (kalian bisa memilih iga kambing atau daging yang masih melekat pada iga)
- air secukupnya untuk merebus daging
- 800 ml santan

Selanjutnya, bahan-bahan siap dimasak dengan langkah berikut ini:
1. Pertama-tama panaskan air terlebih dahulu untuk merebus daging kambing. Rebus daging hingga setengah empuk. Setelah daging terasa empuk, tiriskan. Kalian juga bisa memotong-motong daging sesuai selera.

2. Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lada, kemiri, kunyit, jahe, dan ketumbar terlebih dahulu.

3. Selanjutnya panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu-bumbu halus tersebut. Masukkan juga serai, lengkuas, jahe, dan daun jeruk. Tumis semua bahan hingga harum.

4. Selanjutnya tuangkan santan. Aduk hingga merata, kemudian masukkan daging kambing. Biarkan hingga mendidih dan daging kambing terasa empuk.

5. Sebelum diangkat, tambahkan irisan tomat, kol, dan cabai di atasnya. Tongseng kambing pun siap dinikmati!

Jika ingin tongseng kambing dengan rasa pedas, kalian bisa menambahkan cabe rawit. Beberapa varian resep tongseng kambing juga bisa dibuat tanpa menggunakan santan. Selamat mencoba resep tongseng kambing di atas dan menikmati lezatnya!