Tips make up untuk wajah berjerawat

 Jerawat yang membandel memang menyebalkan, membuat Anda jadi tidak percaya diri tampil di hadapan orang lain. Meskipun cara terbaik untuk menangani jerawat adalah dengan menyembuhkannya dari dalam, tetapi ada kalanya Anda harus tampil sempurna sementara jerawat Anda masih dalam tahap pengobatan. Jika ini yang sedang Anda alami sekarang, tak perlu bingung. cobalah tips makeup untuk wajah berjerawat berikut.

Face primer

face primer adalah kosmetik yang berfungsi untuk meratakan warna kulit sebelum diberi foundation. Keistimewaan produk ini adalah mampu menyamarkan tampilan bekas kemerahan, membuat makeup lebih tahan lama, dan tentu saja menutupi jerawat. Untuk Anda yang memiliki wajah berjerawat, pilihlah primer yang mengandung SPF. Terpapar sinar matahari ternyata bisa membuat flek hitam bekas jerawat sulit memudar. Untuk yang memiliki kulit berminyak, pilihlah primer yang oil-free dan dan bertekstur ringan. Karena face primer yang berbasis minyak akan membuat alas bedak dan bedak terlihat belepotan dalam beberapa jam.

Foundation

Ada mitos yang menyebutkan kalau kulit berjerawat sebaiknya menghindari foundation atau alas bedak karena dapat memperburuk peradangan jerawat. Tetapi sekarang sudah banyak foundation yang dibuat dengan formula yang ramah untuk kulit berjerawat, sehingga Anda tak perlu khawatir lagi untuk mengenakannya. Langkah pertama yang perlu diperhatikan sebelum memakai foundation adalah memilih yang sesuai dengan jenis kulit. Karena jerawat umumnya disebabkan karena kelebihan minyak di pori-pori yang bercampur dengan bakteri, maka pilihlah foundation yang oil-free dan non-comedogenic. Pemilihan foundation non-comedogenic sangat penting, karena produk ini bisa mencegah penyumbatan di pori-pori kulit wajah. Dengan begitu jerawat Anda tidak akan menjadi semakin parah. Selain itu foundation berupa mineral powder juga bisa diandalkan, karena meskipun kurang mampu menutup jerawat, tetapi produk seperti ini cenderung tidak menutup pori-pori.

Sapukan foundation ke seluruh wajah secara merata. Jangan berlebihan memakainya, karena yang nantinya berfungsi untuk menutupi jerawat Anda adalah concealer. Karena itu pilih foundation yang sewarna dengan kulit wajah Anda.

Concealer

Concealer merupakan sahabat utama wanita yang berjerawat. Kenapa? Karena concealer mampu mengoreksi ketidaksempurnaan kulit wajah tepat pada sasaran. Daripada menutupi seluruh wajah dengan foundation dan membuat riasan tampak seperti topeng, lebih baik Anda menyapukan concealer pada bagian-bagian yang berjerawat saja. Tetapi memilih concealer yang tepat untuk jenis kulit dan tipe jerawat memang bukan hal yang mudah. Pilihlah concealer yang memiliki warna setingkat atau dua tingkat di atas warna kulit wajah Anda.

Saat menyapukan concealer ke wajah, akan lebih baik kalau Anda menggunakan jari tangan. Panas dari jari tangan Anda akan membuat concealer lebih mudah menyatu dengan kulit. Tetapi pastikan tangan Anda sudah bersih terlebih dahulu. Jika Anda tidak ingin menyentuh jerawat Anda, pakailah kuas khusus concealer yang bersih. Cucilah kuas tersebut secara teratur dengan sabun anti bakteri yang bersifat ringan.

Bedak

Untuk sentuhan terakhir, gunakan bedak untuk menutupi tampilan concealer. Bedak juga berfungsi untuk menyatukan foundation dengan concealer. Untuk Anda yang memiliki wajah berminyak, hindari bedak padat. Sapukan bedak tabur secara merata ke seluruh wajah.

Itulah empat langkah untuk menciptakan riasan dasar bagi wajah berjerawat. Selanjutnya Anda bisa menambahkan eyeshadow, blush on, dan shimmering powder. Yang perlu Anda ingat, setelah menggunakan makeup, bersihkan wajah secara sempurna agar jerawat tidak meradang. Anda juga bisa menyimak video tutorial untuk menghilangkan jerawat dengan makeup yang dibuat oleh gadis Irlandia bernama ini.