Ungkap masalah kesehatan lewat letak jerawat


Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami oleh kebanyakan remaja dan orang dewasa. Jerawat bisa disebabkan oleh banyak faktor, baik faktor eksternal ataupun internal. Faktor eksternal bisa berupa kebersihan wajah, debu, dan lainnya. Sementara faktor internal antara lain adalah hormon.

Meski begitu, ternyata munculnya jerawat juga bisa disebabkan oleh adanya masalah kesehatan dalam tubuh. Orang zaman dahulu melakukan pemetaan wajah untuk mengetahui penyebab dari munculnya jerawat yang berkaitan dengan penyakit dalam tubuh. Berikut adalah beberapa jenis penyakit yang bisa Anda miliki dilihat dari letak jerawat, seperti dilansir oleh Health Me Up (10/02/2014).

1.Dahi

Jerawat di dahi bisa disebakan oleh menumpuknya racun dalam tubuh. Hal ini bisa disebabkan oleh sistem pencernaan yang buruk atau kurang air. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan seperti teh hijau dan mengonsumsi banyak air untuk menggelontorkan racun keluar tubuh. Selain itu, hindari minuman soda dan kurangi konsumsi susu.

2.Antara mata, di atas hidung

Bagian di antara mata dan di atas hidung berkaitan dengan lever atau hati. Jerawat yang muncul di sini biasanya disebabkan oleh kebiasaan makan yang buruk, seperti terlalu sering makan makanan tak sehat di luar rumah, makan larut malam, atau makan makanan seperti butter, keju, atau krim. Makanan tersebut akan mempersulit tubuh mencerna makanan secara efektif sehingga menyebabkan racun menumpuk. Jaga kesehatan lever dan lakukan pola hidup yang sehat untuk mencegahnya.

3.Pipi

Jerawat pada pipi berkaitan dengan sisten pernapasan. Hal ini bisa muncul jika Anda terlalu sering menghirup udara yang terpolusi. Penyebab lainnya adalah jika Anda memiliki kebiasaan merokok atau menjadi perokok pasif. Selain itu, menggunakan telepon genggam pada satu sisi pipi juga bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Hal ini karena kuman dan bakteri yang terkumpul pada ponsel Anda berpindah ke permukaan pipi.

4.Dagu

Jerawat yang muncul di dagu berkaitan dengan usus. Cek kembali diet yang Anda lakukan dan konsumsi makanan yang menyehatkan sistem pencernaan. Selain itu, waspadai makanan yang bisa menyebabkan munculnya jerawat pada daerah ini.

5.Garis rahang

Banyak wanita mengalami munculnya jerawat pada garis rahang ketika mengalami menstruasi. Area ini berkaitan dengan hormon, sehingga perubahan hormon dalam bentuk apapun biasanya menyebabkan munculnya jerawat pada daerah ini. Begitu juga ketika hormon tidak seimbang. Konsumsi banyak air dan tingkatkan kualitas tidur untuk menghindari munculnya jerawat di daerah ini.

Itulah penyakit dan masalah kesehatan yang bisa diungkap lewat letak jerawat pada wajah. Sekarang jika ada jerawat muncul di wajah, Anda bisa mengetahui penyebabnya secara kesehatan dan segera mengatasinya.