3 Ramuan Obat Asam Urat Tradisional



Asam urat merupakan salah satu penyakit yang kita dengar meskipun mungkin kita tidak pernah mengalaminya. Hal ini dikarenakan ada tetangga atau saudara kita terkena penyakit ini. Keluhan mengenai asam urat biasanya berhubungan dengan rematik, nyeri sendi dan sakit pinggang. Biasanya menyerang mereka yang berusia lanjut.

Apa sebenarnya asam urat itu? Asam urat atau artritis gout merupakan senyawa heterosiklik karbon, nitrogen, oksigen, dan hidrogen. Asam urat terbentuk jika sisa zat dalam tubuh yang kita keluarkan, memecah suatu zat yang disebut purin. Purin terlarut dalam darah dan mengalir ke ginjal. Purin dibuang keluar dari tubuh dalam bentuk urine.

Asam urat pada awalnya tidak berbahaya. Namun jika terus menumpuk dalam tubuh akan menyebabkan asam urat tidak bisa dibuang atau dikeluarkan yang akhirnya menumpuk dalam tubuh dan berkonsentrasi pada persendian. Sendi yang terserang akan terasa sakit, nampak membengkak, merah, panas, nyeri di kulit, sakit kepala dan tidak nafsu makan.

Ramuan Tradisional Obat Asam Urat

Berikut ini beberapa ramuan tradisional yang bisa digunakan untuk mengobati asam urat:

Ramuan I

Bahan: 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 15 gram jahe merah, 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 10 butir lada, 200 gram ubi jalar merah, 1000cc air bersih.
Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 1000cc air hingga tersisa 500cc. Lalu disaring dan minum airnya. Sementara ubi jalarnya dimakan.

Ramuan II

Bahan: 5 butir kapulaga, 15 gram jahe, 5 butir cengkeh, 10 butir lada, 5 gram biji pala, 1 jari kayu manis, 5 gram bangle, 400cc air bersih.
Cara pengobatan: semua bahan direbus dalam 400cc air hingga tersisa 200cc. Kemudian airnya disaring dan setelah dingin diminum.

Ramuan III

Bahan: 5 butir kapulaga, 5 butir cengkeh, 4 lembar daun sosor bebek, 5 gram biji pala, 1 jari kayu manis, 10 gram jahe, 600cc air bersih.
Cara pengobatan: Semua bahan direbus dalam 600cc air hingga tersisa 300cc. Kemudian airnya disaring dan diminum 3 kali sehari masing-masing 100cc setiap kali minum.

Makanan untuk Mengobati Asam Urat

Berikut ini daftar makanan yang mampu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh:

1. Makanan Kaya Vitamin C
Sertakan makanan dan suplemen kaya Vitamin C dalam menu harian kita, untuk mengurangi asam urat dalam tubuh dan melarutkannya dalam darah dengan mudah.

2. Buah Cherry
Cherry merupakan salah satu pengobatan alami untuk mengurangi dan mengobati asam urat secara alami. Cherry memiliki sifat anti-inflamasi bernama anthocyanin, yang sempurna untuk mengurangi kadar asam urat.

3. Susu Rendah Lemak
Produk susu rendah lemak seperti susu atau yogurt, dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

4. Jeruk nipis
Buah jeruk nipis dapat melarutkan tubuh dari asam urat. Perasan jeruk nipis juga bisa membuang racun tubuh.

5. Air mineral
Salah satu maintenance terbaik di rumah untuk mengurangi asam urat dalam tubuh, adalah minum banyak air mineral. Karena, air bisa mengeluarkan racun dari tubuh yang meliputi asam urat.

6. Buah berries
Buah-buahan segar seperti stroberi dan blueberry juga dapat membantu mengurangi dan meningkatkan pengobatan asam urat.

7. Kentang
Sayuran mentah seperti kentang atau jagung pun efektif untuk mengurangi asam urat dalam tubuh. Kentang dapat dinikmati mentah atau dikukus.