Jerawat tak kunjung sembuh? Waspadai produk perawatan rambut!



Jerawat di dahi, pipi, dan sepanjang garis rahang tak kunjung sembuh? Sudah diobati dengan berbagai cara, tetapi masih tumbuh lagi dan lagi? Mungkin akar masalahnya ada pada rambutmu.

Ternyata sampo, kondisioner, gel, atau minyak rambut yang kamu pakai bisa menyebabkan jerawat, lho. Terutama kalau kulit wajahmu termasuk yang sensitif dan berminyak.

Jerawat yang muncul karena produk perawatan rambut ini disebut pomade acne. Dilansir situs Dna, Dr. Apratim Goel, dermatologist dari Cutis Skin Studio, berpendapat kalau kebanyakan masalah di kulit memang disebabkan produk kecantikan, tak terkecuali produk perawatan rambut.

"Kebanyakan problem di kulit berawal dari kulit berminyak dan penyumbatan pori-pori di kulit kepala. Ketombe juga menjadi salah satu penyebab umum," ungkap Goel.

Produk rambut yang mengandung bahan kimia seperti petroleum, silicone, parabens, phthalates, dan formaldehyde bisa mengakibatkan masalah ini.

Selain itu produk rambut yang mengandung bahan dengan kandungan minyak tinggi seperti shea butter dan jojoba oil juga bisa memperparah kondisi jerawat. Meskipun bisa menyehatkan rambut, tetapi bahan-bahan ini juga bisa menjadikan kulit bermasalah.

Kulit yang sudah berminyak karena aktivitas kelenjar bertemu bahan-bahan dengan kandungan minyak yang tinggi. Akibatnya minyak berlebih ini menjadi penyebab jerawat.

Untuk mengetahui apakah jerawatmu disebabkan karena produk perawatan rambut, coba teliti sejak kapan kamu mulai berjerawat parah. Apakah sejak rambutmu diwarnai atau sejak memakai kondisioner? Coba hentikan pemakaian produk-produk tersebut selama beberapa minggu dan perhatikan hasilnya.

Lantas bagaimana jika rambut kita rusak dan butuh perawatan rutin dengan kondisioner? Asalkan mau berupaya ekstra, kamu bisa tetap menggunakan produk perawatan rambut tanpa harus mengalami jerawat.

Berikut ini tips yang bisa kamu coba.
1. Usahakan agar rambut tidak sering bersentuhan dengan wajah. Ikat rambut atau gunakan jepit untuk menahan poni agar tidak jatuh ke dahi.

2. Rajin-rajinlah membersihkan wajah. Cuci muka dan menggunakan cleanser bisa berpengaruh banyak, lho.

3. Keramas setiap hari, pastikan agar rambutmu sudah bersih dari kondisioner, hair styling mousse, dan hair spray sebelum tidur.

4. Cuci sarung bantal seminggu sekali. Sebab sarung bantal menampung residu produk rambut dan kotoran yang bisa membuat wajahmu berjerawat.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat buat kamu, ya. Jangan lupa, pola makan dan gaya hidup juga berperan penting dalam mencegah problem kulit.