4 Makanan Penyehat Sperma




Jakarta Makanan jadi poin penting untuk bisa memproduksi sperma unggul. Pastikan para pria yang ingin memiliki buah hati untuk mengonsumsi makan-makanan sehat terutama yang mengandung Vitamin C, Vitamin E, folat, dan seng untuk meningkatkan kualitas DNA sperma pada pria, seperti yang diungkapkan jurnal Fertility and Sterility.

Diantaranya terdapat dalam 3 makanan yang direfensikan dari buku The Men's Health Big Book of Sex seperti dilansir Men's Health, Jumat (1/8/2014).

1. Ikan
Segera tambahkan ikan salmon, makarel, sarden dan ikan tuna dalam menu harian Anda. Ikan-ikan tersebut mengandung Omega-3 yang kaya DHA dan EPA untuk membantu meningkatkan kadar dopamin di otak yang memicu gairah seksual, menurut seksolog YvoneK. Fullbright, Ph.D.
Lalu, menurut studi Human Reproduction, pria yang makan makanan dengan Omega-3 punya kualitas air mani lebih tinggi dibandingkan yang tidak makan Omega-3.

2. Kerang tiram
Selain mampu membangkitkan gairah seksual, kerang tiram mengandung seng yang baik untuk air mani pria. Dalam studi Fertility and Sterility, pria yang kurang subur diminta untuk mengonsumsi seng sulfat setiap hari selama 26 minggu, hasilnya menakjubkan dimana ada peningkatan sperma hingga 74% dibandingkan mereka yang diberikan plasebo.
Sumber seng lain pun bisa didapatkan dari udang, daging merah, daging hewan unggas, telur, dan produk susu.

3. Walnut
Pastikan kacang jenis walnut jadi cemilan wajib Anda. Dengan makan sekitar 75 gram walnut per hari bisa meningkatkan kualitas ari mani seperti yang diungkapkan penelitian yang diterbitkan dalam Biology of Reproduction.
Hal ini diketahui setelah peneliti memantau diet dari 117 pria sehat, setengahnya diminta untuk makan walnut 75 gr per hari. Setelah tiga bulan, diketahui bahwa walnut memperbaiki bentuk, gerak dan vitalitas sperma yang dihasilkan.
Menurut peneliti, kandungan asam alpha-linolenic (ALA) yang biasa terdapat dalam Omega-3 dari tumbuhan seperti walnut yang membuat sperma berkualitas sangat baik

4. Wortel
Wortel tak hanya baik untuk kesehatan mata. Peneliti dari Harvard University menemukan fakta baru bahwa wortel baik untuk performa sperma.
Seperti dilansir Daily Mail, Jumat (1/8/2014) dalam studi yang dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility ditemukan fakta bahwa makanan berwarna kuning dan oranye yang baik untuk memperkuat sperma. Menurut peneliti, senyawa karotenoid pada wortel memperbaiki kualitas ari mani sehingga menghasilkan sperma yang  mampu bergerak dan bentuk baik.