Pentingnya Pencegahan dan Rehabilitasi Paska Stroke


Tindakan terbaik untuk mengatasi terjadinya stroke adalah dengan pencegahan, karena pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati. Pertama, dengan menjalankan perilaku hidup sehat sejak dini. Kedua, pengendalian faktor-faktor risiko secara optimal harus dijalankan. Ketiga, melakukan medical check up secara rutin dan berkala dan si pasien harus mengenali tanda-tanda dini stroke

Dan bila sudah pernah terkena stroke, perlu juga dilakukan tindakan pencegahan yang sama, agar tidak terjadi stroke berulang.

Pada pasien paska stroke, perlu dilakukan tindakan rehabilasi intensif untuk membantu mengatasi kelumpuhan/kecacatan karena kelainan fungsi sebagian jaringan otak. Rehabilitasi segera dimulai setelah tekanan darah, denyut nadi dan pernafasan penderita stabil. Dilakukan latihan untuk mempertahankan kekuatan otot, mencegah kontraksi otot dan luka karena penekanan (akibat berbaring terlalu lama) dan latihan berjalan serta berbicara. Terapi medis dan suportif perlu terus dilakukan agar tercapai kesembuhan yang optimal.

Kesuksesan terapi rehabilitasi paska stroke sangat tergantung dari dedikasi dan motivasi pasien serta keluarga sepanjang proses rehabilitasi. (www.terapistroke.blogspot.com)