Berbuka Puasa dengan Makanan Manis, Bikin Lemas?



Makanan manis memang dianjurkan sebagai menu berbuka puasa, namun bukan berarti bisa dikonsumsi berlebihan. Terlalu banyak gula justru membuat stamina cepat drop, sehingga terasa cepat lemas.

Bukan cuma makanan manis, makanan apapun sebenarnya tidak sebaiknya dikonsumsi berlebihan. Terlebih saat berbuka, ketika perut berada dalam kondisi kosong setelah seharian penuh tidak terisi oleh makanan.

Kita sering 'lapar mata', padahal kebutuhan tubuh tidak sebanyak itu. Saat seseorang lapar mata dan kemudian kalap makan berlebihan, maka energinya akan terkonsentrasi ke lambung. Metabolisme bekerja dengan lebih keras untuk mencerna makanan yang tiba-tiba saja memenuhi lambung. Efeknya, tubuh jadi cepat lemas.

Makanan manis tetap boleh dikonsumsi saat berbuka, bahkan harus. Takarannya saja yang diatur, agar tidak berlebihan. Cukup untuk menaikkan kadar gula darah, setelah itu konsumsilah makanan yang seimbang seperti biasa agar kebutuhan nutrisi serta sumber energi tetap terjaga. Pastikan seimbang dan dalam jumlah yang secukupnya.