7 Cara Alami Turunkan Risiko Kanker


Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan dan dianggap menakutkan. Karena itu, lebih baik mencegah daripada mengobati. Apalagi, penyebab kanker juga beragam, mulai dari genetik hingga gaya hidup tidak sehat. Ketujuh cara berikut bisa menurunkan risiko terkena kanker.

1. Konsumsi makanan sehat

Dengan menyantap makanan sehat, Anda dapat mengurangi risiko kanker hingga sekitar empat puluh persen. Sertakan sayuranmenu harian Anda. Konsumsi minimal dua sampai tiga porsi buah-buahan setiap hari. Hindari junk food atau makanan yang tinggi kalori. Makan dengan porsi seimbang, agar Anda tetap sehat dan bugar.

2. Minum banyak cairan

Tahukah Anda bahwa air dapat membantu mencegah kanker kandung kemih? Air dapat membantu mengeluarkan racun penyebab kanker dalam urin, serta ikut membantu membersihkan kandung kemih. Jadi, minum sekitar dua liter air setiap hari, termasuk jus. Mengonsumsi jus sayuran akan sangat membantu menurunkan risiko kanker.

3. Olahraga rutin

Dengan berolahraga secara teratur, Anda dapat mengurangi risiko kanker hingga dua puluh persen. Jadi, usahakan selalu berolahraga kapanpun Anda ada waktu. Lakukanolahraga apa saja, setidaknya tiga kali dalam seminggu. Berjalan selama sekitar dua puluh menit setiap hari dapat menurunkan risiko kanker. Selain itu, yang tak kalah penting, olahraga juga akan menjaga berat badan ideal Anda.



4. Konsumsi kafein

Jika Anda seorang pecandu kopi, Anda dapat menurunkan risiko kanker otak hingga 40 persen. Hal ini telah dibuktikan dalam berbagai survei yang mengungkapkan, bahwa kafein memiliki agen yang dapat membantu melawan sel-sel kanker dalam tubuh. Jadi, mengonsumsi kafein dalam jumlah tepat, dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

5. Jauhi ponsel

Belum ada bukti yang mengaitkan antara radiasi ponsel dengan kanker otak. Tapi, beberapa penelitian membuktikan adanya hubungan antara kanker otak dengan radiasi ponsel. Untuk amannya, tak ada salahnya menjaga jarak dengan ponsel Anda. Gunakan perangkat headset Bluetooth dan jauhkan ponsel dari kepala Anda selama tidur. Cara ini bisa menjadi pencegahan terhadap kanker otak.

6. Tingkatkan asupan vitamin D dan kalsium

Sangat penting menjaga asupan vitamin D dan kalsium dalam tubuh, apalagi jika Anda rentan berisiko terkena kanker tulang. Selain mengonsumsi makanan sumber vitamin D, tambahkan dengana supan suplemen kalsium sekali sampai dua kali dalam seminggu. Ini akan membantu menurunkan risiko kanker tulang.

7. Jangan abaikan rasa sakit

Jangan biasakan mengabaikan rasa nyeri yang Anda rasakan pada tubuh, karena itu bisa menjadi tanda penyakit berbahaya. Jika Anda mengalami nyeri di daerah panggul, payudara atau kepala, segera kunjungi dokter, agar Anda bisa menjalani pemeriksaan lebih lanjut. Selalu waspada akan kemungkinan tanda-tanda kanker. Dengan tubuh yang sehat dan bugar, Anda dapat mencegah kanker dengan cara yang efektif.