Jerawat Bikin Malas Beraktivitas


Percaya atau tidak jerawat memang bisa mempengaruhi mood serta minat seseorang.  Menurut sebuah penelitian, jerawat dapat mempengaruhi minat seseorang dalam melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.

Para ahli dari Universitas Bath dalam laporan yang dimuat jurnal Health Psychology, Selasa (26/2/2008) mengindikasikan bahwa pasien pengidap jerawat yang cemaskan dengan kondisi kulitnya cenderung malas untuk berolahraga.

Fenomena itu muncul dari sebuah riset melibatkan 50 remaja yang direkrut dari sebuah kelompok penderita.  Selain dikatakan bahwa mereka cenderung enggan berpartisipasi dalam kegiatan fisik,  penderita jerawat yang merasa penampilannya dinilai negatif juga mengalami problem kepercayaan diri serta kualitas hidup yang lebih buruk.  Pola ini menurut peneliti relatif sama, baik pria maupun wanita.

Menurut peneliti, kecemasan sosial yang berkaitan dengan penyakit kulit seringkali dilupakan dalam berbagai riset mengenai motivasi olahraga atau latihan fisik.

¨Kulit adalah organ yang paling terlihat dari manusia dan merupakan bagian terpenting dalam citra seseorang,¨ terang Dr Martyn Standage, dari School for Health di Universitas  Bath.

¨Ketakutan bahwa kulit merek akan dinilai orang lain memiliki pengaruh terhadap kehidupan fisik dan sosial mereka.  Olahraga dan aktivitas fisik menyediakan banyak kesempatan bagi kulit untu dilihat dan dievaluasi.  Oleh karena itulah, penderita jerawat menjadi begitu cemas dengan penampilannya sehingga membuat mereka menghindar dari aktivitas fisik,"terang Standage.

Tom Loney, salah seorang ahli yang melakukan penelitian mengatakan perilaku yang ditunjukkan penderita jerawat bisa berakibat pada penyakit lainnya. ¨Sudah menjadi rahasia umum bahwa  menurunnya aktivitas fisik dapat memicu risiko berbagai penyakit seperti jantung dan pembuluh darah dan jantung,"terangnya.

Sementara itu juru bicara pasien jerawat Alison Browser menyatakan jerawat biasanya  mudah untuk diobati, namun membutuhkan kebulatan tekad untuk menemukan teknik pengobatan yang sukses.

"Jerawat yang tak terobati bisa menimbulkan ketakutan dan rasa malu, yang kemudian berujung pada penolakan mengikuti aktivitas sehari-hari seperti olahraga,¨ujarnya.

Hasil penelitian ini diharapkan akan membantu menemukan cara yang tepat mengajak para penderita jerawat untuk tetap hidup aktif.        


#kompas, @pureastaxanthin, @femonaindonesia