Keseringan Pakai Obat Kumur Justru Ganggu Kesehatan Mulut

Segala sesuatu yang berlebihan selalu berakibat buruk. Ini juga berlaku pada penggunaan mouthwash atau obat kumur. Keseringan menggunakan obat kumur dapat mengganggu keseimbangan mikroorganisme pada mulut.

Mulut manusia dihuni oleh dua jenis bakteri positif dan negatif. Keseimbangan dua bakteri ini ikut menentukan kesehatan gigi dan mulut.

Obat kumur memiliki bahan-bahan yang dapat membunuh bakteri positif. Terlalu sering berkumur menggunakan obat kumur, bakteri positif akan terbunuh. Akibatnya, bakteri negatif lebih cepat terakumulasi dalam mulut.

Idealnya, penggunaan obat kumur hanya untuk kasus-kasus tertentu. Misalnya, pascapembersihan karang gigi atau prosedur lainnya yang menyebabkan pendarahan pada gusi. Itupun harus dengan takaran yang dianjurkan dokter.

Kalau gigi sehat sebetulnya tidak begitu perlu. Boleh berkumur dengan obat kumur tapi jangan terlalu sering, cukup tiga kali sepekan.

Obat kumur juga tidak dapat menggantikan peran sikat gigi, karena terdapat celah-celah gigi yang hanya dapat dijangkau oleh sikat gigi.