8 Makanan Yang Mencegah Timbulnya Uban



Uban adalah tanda penuaan yang muncul seiring dengan bertambahnya usia. Namun, bagaimana jika uban muncul pada usia muda? Hal ini terkadang membuat penampilan terlihat kusam dan tidak segar. Alhasil, wajah terkesan lebih tua dari usia sebenarnya. Perubahan gaya hidup dan asupan makan menjadi faktor yang menyebabkan rambut beruban lebih cepat. Namun, sebagian orang juga mengalami uban karena faktor genetika lho. Nah, Anda tentu tidak ingin punya uban di usia muda, bukan? Berikut adalah makanan sehat yang dapat mencegah timbulnya uban, seperti dilansir Boldsky.

1. Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan sumber Vitamin B6 dan B12, yang diperlukan untuk menjaga rambut tetap sehat.

2. Cokelat

Cokelat kaya akan tembaga. Tembaga dapat menghasilkan melanin di rambut Anda. Sel melanin bertanggung jawab untuk memproduksi warna, sehingga dapat mencegah munculnya uban.

3. Berries

Berries, seperti stroberi, raspberry dan cranberry, memiliki kandungan Vitamin C yang berlimpah. Nutrisi ini tidak hanya meningkatkan kesehatan rambut, tetapi juga mencegah uban prematur.

4. Salmon

Salmon dikenal sebagai makanan laut yang ampuh dalam melawan uban. Salmon merupakan sumber alami selenium, yang mengatur produksi hormon yang mempertahankan warna hitam dari rambut Anda.

5. Almond

Almond bukan hanya baik untuk kulit, tetapi juga rambut. Almond juga kaya akan Vitamin E dan tembaga, yang baik untuk merawat warna asli rambut.

6. Garam

Garam kaya akan yodium, yang membantu dalam mencegah rambut beruban. Anda dapat mengonsumsi makanan kaya yodium seperti ikan, pisang dan wortel. Hati-hati, konsumsi garam berlebihan bisa berbahaya bagi kesehatan.

7. Biji bunga matahari atau kwaci

Biji bunga matahari memiliki kandungan mineral yang tinggi dan memainkan peran penting dalam menyehatkan fungsi tubuh. Mineral ini juga dipercaya dapat membantu memproduksi dan mempertahankan kandungan melanin.

8. Produk susu

Produk olahan susu kaya akan vitamin B, Vitamin B6 dan B12 yang sangat penting untuk produksi sel darah merah. Nutrisi ini dapat mendorong pasokan oksigen dan nutrisi ke kulit kepala Anda.

Uban prematur yang disebabkan pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat bisa disembuhkan secara alami. Namun, kelainan genetik mungkin sulit atau bahkan tidak bisa disembuhkan. Jadi, sebaiknya cari tahu apa penyebab rambut Anda beruban di usia muda. Anda bisa berkonsultasi secara medis untuk mengetahuinya.