Diagnosis pada Varises



Periksakanlah diri Anda ke dokter jika varises telah menimbulkan rasa sakit, perih atau gatal yang mengganggu kenyamanan terutama tidur Anda.

Sebelum melakukan pemeriksaan fisik, dokter biasanya akan mengumpulkan keterangan seputar riwayat kesehatan pasien terlebih dahulu. Data yang dikumpulkan bisa berupa gejala yang dirasakan pasien atau pun faktor risiko yang mungkin ada pada dirinya untuk terkena varises, misalnya jika pasien suka berdiri terlalu lama atau memiliki latar belakang keluarga berpenyakit varises.

Diagnosis varises umumnya dilakukan dengan pengamatan secara kasat mata saja. Saat diamati, umumnya pasien sedang dalam posisi berdiri. Varises biasanya mudah dikenali melalui perubahan warna dan pembengkakan vena yang terlihat dari permukaan kulit.

Dokter akan melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika hal tersebut dirasa perlu. Misalnya jika gejala yang dirasakan pasien mengindikasikan telah terjadinya komplikasi berupa penggumpalan darah atau gangguan pada vena bagian dalam.

Jenis pemindaian yang sering digunakan dalam hal ini adalah USG duplex. Melalui metode ini, dokter akan dapat melihat aliran darah di dalam vena dari gambar yang dihasilkan oleh gelombang suara berfrekuensi tinggi.