Pengobatan pada Varises



Penyakit varises yang masih tergolong ringan sebenarnya dapat kita obati sendiri di rumah tanpa harus ke rumah sakit. Tujuan pengobatan mandiri ini adalah untuk menghambat varises agar tidak bertambah parah, meredakan gejalanya, serta mencegah terjadinya komplikasi.

Beberapa hal yang mencakup pengobatan mandiri varises adalah menjaga badan dari obesitas, rutin berolahraga, tidak berdiri terlalu lama, dan mengistirahatkan kaki dengan cara meluruskannya, namun agak diangkat.

Selain cara-cara tersebut, satu hal yang tidak boleh dilupakan oleh penderita varises adalah pemakaian stoking khusus varises atau disebut juga bebat kompresi.  Bebat ini dirancang agar dapat memberikan tekanan pada otot kaki dan vena sehingga aliran darah lebih lancar. Bebat ini juga dapat meredakan pembengkakan dan nyeri akibat varises.

Anda dapat membeli bebat ini di apotek setempat, dengan tingkat harga dan ukuran yang berbeda-beda.

Penanganan varises oleh dokter dan rumah sakit

Secara umum, tidak ada obat-obatan dalam bentuk pil atau tablet yang dapat digunakan untuk mengobati varises. Jika tidak lagi dapat ditangani sendiri di rumah atau gejalanya bertambah parah, maka varises akan membutuhkan penanganan dokter. Di sini ada beberapa pilihan penanganan yang akan direkomendasikan oleh dokter, diantaranya:
  •     Injeksi skleroterapi, yaitu penyuntikan cairan khusus ke dalam vena yang mengalami varises dengan tujuan untuk menutup saluran darah tersebut. Efek samping pengobatan ini bisa berupa perubahan warna kulit pada area yang diobati, nyeri punggung bagian bawah, dan sakit kepala.
  •     Radiofrekuensi. Metode ini bertujuan untuk menutup saluran vena yang mengalami pembengkakan cukup besar akibat varises. Setelah vena tersebut ditutup, darah akan mengalir secara alami melalui vena lainnya yang masih sehat. Efek samping paling umum dari metode pengobatan yang menggunakan energi radiofrekuensi ini adalah sensasi kesemutan.
  •     Laser. Pengobatan yang bertujuan menutup vena varises ini dilakukan dengan cara membakar vena tersebut dengan menggunakan energi laser. Efek samping yang timbul setelah pasien melakukan pengobatan ini biasanya berupa nyeri, memar, dan kaki yang terasa kencang.
  •     Phlebectomy,yaitu prosedur pengangkatan vena varises melalui bedah atau operasi.