Cara Minum Air Putih Seperti Ini Bisa Kurangi Berat Badan 4,3 Kg Per Hari




Kamu mencoba mengukur berat badan dan merasakan jarum timbangan semakin bergerak ke arah kanan? Hal itu berarti berat badan kamu semakin bertambah.

Jangan uring-uringan! Bisa kok mencegah hal itu terus terjadi. Hanya dengan minum air putih dengan cara berbeda.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris mengungkap cara minum air putih yang diduga dapat menurunkan berat badan.

Air putih diminum sebanyak 500 ml atau sekitar dua gelas sekitar 30 menit sebelum makan. Ingat untuk menghindari air berkarbonasi atau air putih dengan campuran lain.

Hasilnya, kebiasaan itu diduga mampu menurunkan badan rata-rata 4,3 kg per hari jika dilakukan 3 kali dalam sehari.

Atau, jika dilakukan satu kali dalam sehari, dapat memangkas berat badan sekitar 0,8 kg per hari.

Penelitian yang dilakukan di Inggris itu melibatkan 84 orang yang tergolong obesitas. Kemudian dibagi dalam dua kelompok.


Jika kelompok pertama diminta minum air sebelum makan, maka kelompok kedua hanya diminta membayangkan dirinya sudah kenyang.

Kelompok pertama mengalami penurunan berat badan lebih banyak sekitar 1,3 kg dibanding kelompok kedua.

Bukti ilmiah lain yang dilakukan peneliti asal Jerman membuktikan, konsumsi air putih dapat mendukung penurunan berat badan dengan memungkinkan lebih banyak kalori yang terbakar.

Penelitian lain juga menunjukkan kaitan antara asupan air dan penurunan berat badan.

Orang yang semakin banyak minum air serta makan buah dan sayur akan mengurangi kebiasaan minuman mengandung gula tinggi.

Kebiasaan baru ini juga diikuti kurangnya keinginan mengonsumsi makanan berkalori tinggi.

Hal ini berarti semakin sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh.



Kemungkinan, hal ini merupakan reaksi tubuh yang semakin sedikit merasa haus sehingga semakin sedikit mengonsumsi minuman manis.

Itu sebabnya selain air yang diminum secara langsung, untuk menurunkan berat badan perlu memperbanyak konsumsi buah dan sayur.

Kedua jenis makanan tersebut mengandung sekitar 90% air yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan cairan setiap hari.

Sebuah penelitian di Jepang mengungkap, wanita yang banyak mengonsumsi dua jenis makanan tersebut memiliki ukuran indeks massa tubuh dan lingkar pinggang lebih kecil.

Salah satu keuntungan dari metode memanfaatkan air sebagai pendukung penurunan berat badan yaitu kemudahan melakukannya di tengah padatnya aktivitas, dibandingkan metode penurunan berat badan lain.

Hanya saja, perlu diingat bahwa untuk mencapai penurunan berat badan sebanyak itu, harus disertai perubahan gaya hidup dan pilihan makanan lebih sehat, juga aktvitias olahraga yang dilakukan secara teratur

Apakah kamu semakin semangat mencapai berat badan ideal? Yuk sama-sama coba cara ini dan nikmati saat timbangan bergerak semakin ke kiri.

Tapi, untuk yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, jangan lupa konsultasi dulu dengan dokter ya.