Rahasia Manfaat Jeruk Purut Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Jeruk purut, salah satu keluarga buah jeruk yang menyimpan khasiat kecantikan dan kesehatan bagi tubuh. Selain buahnya, ternyata daun jeruk purut juga sering digunakan untuk memasak. Simak selengkapnya tentang khasiat jeruk purut seperti yang dilansir dari Yahoo Voices berikut ini.

Khasiat cantik
  1. Air jeruk purut adalah hair tonic yang baik bagi rambut. Fungsinya adalah mencegah rambut agar tidak rontok.
  2. Kegunaan lain dari air jeruk purut adalah membersihkan gigi dan gusi demi menurunkan risiko gingivitis atau radang gusi.
  3. Beberapa lotion yang beredar di pasaran ternyata juga menggunakan jeruk purut sebagai bahan bakunya dengan kegunaan sebagai detoksifikasi tubuh.
  4. Jika punya noda di baju, air jeruk nipis ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan noda tersebut secara alami.
Khasiat sehat
  1. Sama seperti keluarga jeruk lain, jeruk purut kaya akan vitamin C yang mampu meningkatkan sistem imun.
  2. Konsumsi jeruk purut juga dikaitkan dengan fungsinya dalam melancarkan pencernaan.
  3. Beberapa penelitian pernah menyebutkan kalau minyak jeruk purut bisa digunakan sebagai aromaterapi untuk meredakan depresi, cemas, dan mengatasi kelelahan.
  4. Kegunaan lain dari minyak jeruk purut adalah sebagai minyak untuk memijat tubuh.
Memasak dengan jeruk purut
Jeruk purut umum digunakan sebagai bahan masakan di negara Thailand, Malaysia, dan termasuk Indonesia. Selain buahnya, daun jeruk nipis juga dimasukkan dalam beberapa sajian kuliner.

Itulah jeruk purut, meski tidak sepopuler jeruk-jeruk lain, tetapi buah ini juga memberikan banyak khasiat cantik dan sehat bagi tubuh.

merdeka, @femonaindonesia